6 Faktor Ini Bikin Diet Berantakan

okezone.com
BERMASALAH dengan diet yang tak kunjung menampakkan hasil? Mungkin bukan usaha Anda yang salah, tapi ada faktor-faktor yang Anda langgar sehingga mengganggu kesuksesan diet. Apa sajakah itu?

Apakah Anda merasa diet ketat dan belum merasa kehilangan berat badan yang signifikan. Padahal, berbagai macam cara dan pengaturan porsi makan sudah dilakukan. Namun, kenapa hasilnya tak kunjung terlihat. Bisa jadi faktornya berasal bukan berasal dari makanan semata tapi juga dari semangat Anda.

Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut dari Times of India.

Jangan beri kekuatan pada makanan Anda

Semua kendali ada di pikiran Anda. Makanan tidak bisa memberikan perintah pada Anda untuk memakannya. Ketika beberapa orang berbicara bahwa cokelat batangan berhasil membuat mereka turun berat badan, mereka pun memaksakan diri untuk mengonsumsinya. Meski demikian, tak berarti Anda  harus tergoda karena kalimat tersebut. Anda harus memiliki kekuatan untuk mengatakan tidak pada makanan tersebut.

Makanan baik vs makanan buruk

Jadi menurut Anda, adakah makanan yang baik dan buruk? Jawabannya tidak. Yang ada makanan itu adalah terdiri dari lemak, asin, manis, rendah lemak, tinggi serat, atau tinggi protein. Nah, di sanalah Anda harus menemukan keseimbangan yang tepat dan memastikan bahwa tubuh Anda tidak kekurangan makanan akan sumber-sumber zat tersebut.

Diet tidak bisa berlangsung selamanya

Jika Anda merasa bobot sedang naik hari ini, Anda pun berencana untuk melakukan diet. Sementara ketika suatu waktu kelebihan berat badan tersebut telah terlewati, Anda pun tidak menjalani diet. Jika Anda menganut pola ini, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan bobot yang berlebih. Jadi, makanlah dengan baik dan dengan pola yang teratur.

Anda tidak dapat menurunkan berat badan tanpa olahraga

Apakah Anda berpikir bahwa Anda bisa menurunkan berat badan tanpa olahraga. Sebenarnya bukan tidak mungkin, tetapi yang terpenting adalah Anda perlu melakukan diet terkontrol. Dengan Anda berhenti diet, berat badan pun akan kembali bahkan bisa lebih drastis dari bobot semula.

Untuk mengatasi hal ini, sangat penting bagi Anda untuk mengikuti rutinitas kebugaran. Hal ini bisa berupa jalan cepat, atau segala jenis aktivitas yang meningkatkan kinerja sehingga tubuh selalu bergerak dan aktif membakar kalori sebagai pengganti olahraga.

Tidak semua lemak itu jahat

Beberapa lemak ada juga yang bersifat menyehatkan untuk tubuh, seperti kacang-kacangan dan biji yang memiliki minyak yang baik di dalamnya. Dengan demikian, Anda pun tidak harus menghindari sumber lemak tersebut. Minyak trans yang terkandung dalam fast food adalah contoh lemak yang buruk bagi tubuh Anda.

Jangan terlalu banyak mengonsumsi kalori

Jika selama ini Anda hidup dalam kesalahpahaman bahwa minuman ringan buruk bagi kesehatan tapi jus dan minuman kesehatan baik untuk tubuh, sebaiknya pikirkan kembali persepsi tersebut. Jus memiliki kalori yang sama dengan minuman ringan. Dan minuman olahraga tersebut sebagian besar mengandung gula yang berlebih. Hal terbaik untuk menggantikannya adalah konsumsilah buah utuh ketimbang meminumnya dalam bentuk olahan. Selain itu barengi pula dengan mengkonsumsi banyak air putih untuk menjaga Anda dari dehidrasi.